Langsung ke konten utama

Starfield Library Seoul, Sebuah Perpustakaan dalam Mall

Jika punya akun Instagram, pasti tidak asing melihat perpustakaan yang malang melintang pada timeline di bawah ini. Jika belum pernah melihatnya, perpustakaan ini sangatlah populer untuk berfoto dan membaca buku dengan bebas.
Starfield Library, COEX Mall (스타필드 코엑스몰) -  Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria


Perpustakaan Starfield berada di COEX Mall, Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Masuk ke  area perpustakaannya pun cukup mudah, karena letaknya di tengah Mall dengan konsep terbuka. 
Starfield Library, COEX Mall (스타필드 코엑스몰) -  Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria


Siapa saja bisa masuk, membaca buku, duduk, atau sekedar berfoto-foto. Cari buku yang spesifik? Petugas informasi dapat ditemukan di sudut lantai bawah perpustakaan.

Entrance of Starfield Library, COEX Mall (스타필드 코엑스몰) -  Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria

Perpustakaan terbuka ini mempunyai dua lantai dengan berbagai macam jenis buku. Kebanyakan bukunya berbahasa Korea, tetapi ada juga yang berbahasa Inggris. 
Starfield Library, COEX Mall (스타필드 코엑스몰) -  Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria


Starfield Library, COEX Mall (스타필드 코엑스몰) -  Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria
Perlu diingat bahwa buku hanya dapat dibaca di tempat, tidak dibawa pulang. Saya tidak mengetahui mekanisme pinjam buku jika ingin membawa dari perpustakaan Starfield dengan durasi waktu peminjaman tertentu. Silahkan bertanya langsung ke petugas informasi yang bertugas disana.
Starfield Library, COEX Mall (스타필드 코엑스몰) -  Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria

Pojok lantai atas perpustakaan terdapat mini mart untuk membeli minuman dan camilan sebagai teman membaca buku, ingat ya bahwa sampah yang dihasilkan menjadi tanggung jawab masing-masing.
2nd Floor of Starfield Library, COEX Mall (스타필드 코엑스몰) -  Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria

2nd Floor of Starfield Library, COEX Mall (스타필드 코엑스몰) -  Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria

Bagaimana cara ke perpustakaan Starfield dengan transportasi umum? 

Kereta atau subway berikut pilihan jalurnya:
  • Line 9 (warna coklat) turun di Bongeunsa Station keluar di Exit 7, kemudian jalan kaki sekitar 4 menit. Gunakan jalan yang langsung terhubung dari ASEM Plaza untuk memasuki COEX Mall. 
  • Line 2 (warna hijau) turun di Samseong Station (World Trade Center Seoul) keluar di Exit 5 atau 6, kemudian jalan kaki sekitar 6 menit. Gunakan lorong melalui Millenium Plaza yang terhubung langsung ke COEX Mall.
  • Line 7 (warna hijau army) turun di Cheongdam Station keluar di Exit 2, kemudian berjalan lurus selama 10-15 menit dengan berjalan kaki. Akses COEX Mall melalui ASEM Square.

Bus berikut pilihan halte:

  • Depan Grand Intercontinental Hotel (Samsoeng Station Exit 5)  ⇨ Bus stop 23201
  • Depan Coex Artium (Trade Center) ⇨ Bus Stop 23199
  • Depan Coex East Gate ⇨ Bus Stop 23198
  • Seberang Bongeunsa Temple ⇨ Bus Stop 23191
  • Depan KEPCO ⇨ Bus Stop 23197


Alamat lengkap, klik untuk akses Google Map:
Starfield Library COEX Mall (스타필드 코엑스몰) 
513, Yeongdong-daero, Gangnam-gu, Seoul
서울특별시 강남구 영동대로 513 (삼성동)
Buka pukul: 10.30 -22.00


Starfield Library, COEX Mall (스타필드 코엑스몰) -  Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria


Untuk para SM-stan atau penyuka K-Pop khusus idol-idol dari SM Entertainment, dapat mampir ke gedung SM Town karena COEX Mall bersebelahan. 
Music disc at SM Town Building, Gangnam, Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria

Disana dapat membeli album CD, membeli merchandise asli, menonton theater berupa konser virtual dan musikal, hang-out di cafe bertema idol favorit, museum, dan sebagainya. Sekedar informasi bahwa SM Town dan kantor SM Entertainment berbeda lokasi. Jadi, jika ingin melihat para idol berlalu lalang, bukan disini tempatnya.
Red Velvet display at SM Town Building, Gangnam, Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria


Taeyon (Girls Generation) display at SM Town Building, Gangnam, Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria


Sudah puas berkeliling Mall dan SM Town? Jangan lupa untuk berfoto dengan patung tangan Gangnam Style di luar gedung Mall (dari pintu masuk atau keluar East Gate CEOX Mall). Patung tersebut mengingatkan kita pada lagu populer yang dibawakan oleh Psy di tahun 2012. Lagu Gangnam Style berhasil membuat dunia heboh dengan tarian menunggangi kuda ala Psy.
Satue of Gangnam Style, In front of COEX Mall (스타필드 코엑스몰) East Gate -  Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Oleh-oleh Made in Saudi Arabia

Bagi Anda yang pernah ke negara Saudi Arabia atau Arab Saudi khususnya kota Mekkah & Madinah untuk beribadah umroh atau haji, sudah menjadi rahasia umum bahwa oleh-oleh yang diberikan bukanlah dibeli langsung ketika disana. Akan tetapi, dibeli terlebih dahulu di pasar Tanah Abang, Jakarta atau pusat perbelanjaan Thamrin City, Jakarta. Dari mulai kurma, tasbih, kemasan air zamzam, jilbab, sejadah, dan sebagainya. Makkah Clock Royal Tower, Mecca, Saudi Arabia | Photo by : @ysyahria Alasan orang-orang membeli disana agar fokus untuk beribadah, bukan berbelanja. Selain itu, seringkali harganya jauh lebih murah jika membeli di Tanah Abang atau Thamrin City, apalagi jika membeli banyak dan ada faktor kebijakan pemerintah Arab Saudi juga yang membatasi setiap orang yang umroh atau haji membawa pulang air zam-zam. The Holy Kaaba (Ka'bah) at Al-Masjid Al-Haraam, Mecca, Saudi Arabia | Photo by : @ysyahria Saya pergi umroh awal Januari tahun 2015 lalu. Walaupun telah membe

Alternatif Oleh-oleh Jerman di Kota Cologne

Jika Anda pergi ke kota Cologne (Köln) daerah barat negara Jerman untuk mengunjungi Cologne Cathedral. Anda bisa sekaligus mengelilingi area Cathedral yang cukup banyak toko belanja termasuk toko souvenir untuk membeli oleh-oleh. Cologne Cathedral, Germany | Photo by : @ysyahria Namun, oleh-oleh seperti gantungan kunci atau magnet kulkas khas negara yang kita kunjungi sudahlah biasa. Apa yang saya beli di Cologne untuk oleh-oleh? Saya pergi awal Maret 2016 lalu bersama #TripBarengCK Winter West Europe ke kota Cologne, beruntungnya pergi bersama Mbak Claudia Kaunang yang seorang Traveller Expert adalah saya bisa mengetahui tempat-tempat yang tidak hanya "tourist thing", tetapi juga bisa menambah wawasan tentang sejarah kota tersebut dan pastinya informasi mengenai tempat-tempat bagi wisatawan Indonesia yang cukup murah. Kota  Cologne (Köln) terkenal dengan parfumnya karena merupakan awal sejarah wewangian dunia. Saya dibawa ke House No. 4711, sebuah toko parfum berse