Langsung ke konten utama

Mencari Oleh-oleh Made in Saudi Arabia

Bagi Anda yang pernah ke negara Saudi Arabia atau Arab Saudi khususnya kota Mekkah & Madinah untuk beribadah umroh atau haji, sudah menjadi rahasia umum bahwa oleh-oleh yang diberikan bukanlah dibeli langsung ketika disana. Akan tetapi, dibeli terlebih dahulu di pasar Tanah Abang, Jakarta atau pusat perbelanjaan Thamrin City, Jakarta. Dari mulai kurma, tasbih, kemasan air zamzam, jilbab, sejadah, dan sebagainya.
Makkah Clock Royal Tower, Mecca, Saudi Arabia | Photo by : @ysyahria

Alasan orang-orang membeli disana agar fokus untuk beribadah, bukan berbelanja. Selain itu, seringkali harganya jauh lebih murah jika membeli di Tanah Abang atau Thamrin City, apalagi jika membeli banyak dan ada faktor kebijakan pemerintah Arab Saudi juga yang membatasi setiap orang yang umroh atau haji membawa pulang air zam-zam.
The Holy Kaaba (Ka'bah) at Al-Masjid Al-Haraam, Mecca, Saudi Arabia | Photo by : @ysyahria

Saya pergi umroh awal Januari tahun 2015 lalu. Walaupun telah membeli sebagian besar oleh-oleh di tanah air, saya tetap penasaran apa sih oleh-oleh khas dari Saudi Arabia khususnya kota Mekkah atau Madinah dengan harga murah dan praktis dibawa?

High-Tech Giant Umbrellas Al-Masjid Al-Nabawi, Madina, Saudi Arabia | Photo by : @ysyahria

Bila Anda berkeliling toko-toko atau penjual kaki lima setelah pulang dari mesjid, Anda akan melihat berbagai barang dagangan yang mereka tawarkan, mulai dari baju gamis hingga souvenir kecil seperti tasbih. Namun, jika Anda menilik lebih dalam, tulisan di produk tersebut kebanyakan tulisannya "Made in China", "Made in Pakistan", bahkan ada yang "Made in Indonesia". Jarang sekali produk yg bertulisan "Made in Saudi Arabia" di temukan di toko cinderamata.
Al Rehab Pocket Spray Parfume 18ml | Photo by : @ysyahria

Pilihan saya jatuh pada parfum mini Al Rehab Pocket Spray 18ml dengan kemasan yg simple dan warna-warna yg menarik, juga varian wangi yang bagi saya tidak terlalu menyengat seperti parfum Arab lainnya. Produk ini dapat ditemukan di toko-toko souvenir  pinggir jalan atau dalam mall, namun tidak semua toko menjualnya. Anda harus bertanya terlebih dahulu ke penjualnya apakah ada produk tersebut, karena sedikit yang menjual.

Kisaran harga untuk satu parfum El Rehab Pocket Spray 18ml adalah SAR 8-10 (kurang lebih Rp.27.000 - Rp. 32.000 currency saat itu). Varian wanginya juga bermacam-macam, ada yang untuk perempuan ataupun laki-laki. Selain Pocket Spray, Anda bisa melihat berbagai jenis parfumnya di website mereka El Rehab

Elizabeth Helen Lipstick | Photo by : @ysyahria

Disamping itu, saya juga membeli produk lipstick Made in Saudi Arabia, Elizabeth Helen. Dengan harga yang murah, lipstick tersebut cukup tahan lama jika dipakai. Harga lipstick Elizabeth Helen sekitar SAR 10-15 (kurang lebih Rp.32.000 - Rp.52.000 - currency saat itu) tergantung Anda menawar harga.
Elizabeth Helen Lipstick (Inside) | Photo by : @ysyahria

Dari kiri ke kanan gambar, Lipstick Elizabeth Helen No.52, No.38, No.51, No.23, No.53. Untuk oleh-oleh saya asal memilih saja, sesuai warna yang saya suka. Tetapi, bagi saya pribadi, gambar lipstick di atas menemani keseharian saya. Yang paling sering saya pakai lipstick Elizabeth Helen No.51, dan yang paling tahan lama awetnya ada di lipstick Elizabeth Helen No.23, tapi saya pakai untuk acara tertentu saja. 

Sebenarnya baru-baru ini produk Elizabeth Helen telah masuk pasar Indonesia sehingga tidak perlu membeli atau menitip oleh-oleh jika ada yang ke Saudi Arabia walaupun tidak semua jenis nomor lipstick mereka yang dijual disini, Anda bisa lihat di web mereka Elizabeth Helen Indonesia

Selamat berburu oleh-oleh murah Made in Saudi Arabia :)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alternatif Oleh-oleh Jerman di Kota Cologne

Jika Anda pergi ke kota Cologne (Köln) daerah barat negara Jerman untuk mengunjungi Cologne Cathedral. Anda bisa sekaligus mengelilingi area Cathedral yang cukup banyak toko belanja termasuk toko souvenir untuk membeli oleh-oleh. Cologne Cathedral, Germany | Photo by : @ysyahria Namun, oleh-oleh seperti gantungan kunci atau magnet kulkas khas negara yang kita kunjungi sudahlah biasa. Apa yang saya beli di Cologne untuk oleh-oleh? Saya pergi awal Maret 2016 lalu bersama #TripBarengCK Winter West Europe ke kota Cologne, beruntungnya pergi bersama Mbak Claudia Kaunang yang seorang Traveller Expert adalah saya bisa mengetahui tempat-tempat yang tidak hanya "tourist thing", tetapi juga bisa menambah wawasan tentang sejarah kota tersebut dan pastinya informasi mengenai tempat-tempat bagi wisatawan Indonesia yang cukup murah. Kota  Cologne (Köln) terkenal dengan parfumnya karena merupakan awal sejarah wewangian dunia. Saya dibawa ke House No. 4711, sebuah toko parfum berse

Starfield Library Seoul, Sebuah Perpustakaan dalam Mall

Jika punya akun Instagram, pasti tidak asing melihat perpustakaan yang malang melintang pada  timeline  di bawah ini. Jika belum pernah melihatnya, perpustakaan ini sangatlah populer untuk berfoto dan membaca buku dengan bebas. Starfield Library, COEX Mall (스타필드 코엑스몰) -  Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria Perpustakaan Starfield berada di COEX Mall, Gangnam, Seoul, Korea Selatan. M asuk ke  area perpustakaannya pun cukup mudah, karena letaknya di tengah Mall dengan konsep terbuka.  Starfield Library, COEX Mall (스타필드 코엑스몰) -  Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria Siapa saja bisa masuk, membaca buku, duduk, atau sekedar berfoto-foto. Cari buku yang spesifik? Petugas informasi dapat ditemukan di sudut lantai bawah perpustakaan. Entrance of Starfield Library, COEX Mall (스타필드 코엑스몰) -  Seoul, South Korea | Photo by @ysyahria Perpustakaan terbuka ini mempunyai dua lantai dengan berbagai macam jenis buku. Kebanyakan bukunya berbahasa Korea, tetapi ada juga y